KORANMANDALA.COM – Sebanyak 230 pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten mengikuti Capacity Building yang digelar di Bumi Perkemahan Palutungan, Desa Cisantana, Sabtu 20 April 2024.

Capacity Building bertajuk “I Can't, but We Can” ini merupakan upaya membangun Pribadi yang proaktif, produktif, kreatif, percaya diri dan tangguh, serta meningkatkan solidaritas antar Pegawai.

Berbagai kegiatan digelar dan games team work mulai dari Problem solving games, Leadership & Mindset games, Focus & Team strategi yang perlu dihadapi dengan kreatifitas dan kerjasama.

Sekda Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, menyebutkan, Capacity Building baru digelar pertama kali oleh Sekteraiat Daerah.

Kegiatan seperti ini perlu dilakukan setiap tahun sebagai upaya mengoptimalkan kinerja aparatur dan simbol pentingnya bekerja sama dalam team. Inysa allah ke depan kegiatan seperti ini akan dilakukan setiap tahun.

Sekda Dian mengingatkan tentang Core values yang perlu dipedomani oleh segenap ASN.

Berangkat dari UU No 5 tahun 2014 tentang ASN, bahwa reformasi birokrasi harus dijadikan media untuk mengubah mindset kerja aparatur. Kita harus mengimplementasikan Core Values Berakhlak. Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan kolaboratif.

Terkait tema, tegas Dian, perlunya kerjasama dalam menyelesaikan pekerjaan kedinasan sehari-hari.

Tema : I Cant, but we Can, adalah makna setiap pekerjaan seberat apapun dapat kita selesaikan jika bersama-sama.

Penjabat Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat, dalam kata sambutannya berharap, kegiatan ini akan semakin menguatkan suasana kebatinan bagi aparatur. Baik antar sesama rekan kerja ataupun dengan atasan.

“Hari ini akan banyak Fun Games yang melibatkan seluruh team untuk mengerjakan sebuah persoalan. Tentu di dalam team ada yang lemah dan kuat. Melalui upaya inilah kita perlu saling melengkap dan saling mengisi. Tidak ada Superman, yang ada super team” ungkap Iip.

Iip Hidayat menyebutkan, Sekretariat Daerah merupakan lembaga yang meramu kebijakan dari lembaga-lembaga teknis Perangkat Daerah. Setda adalah Filternya Pimpinan Daerah.

“Kami berharap, pegawai Setda dapat menjadi cerminan bagi aparatur Daerah lainnya. Setda merupakan Filter sebelum akhirnya sebuah kebijakan dapat diimplementasikan. Pegawainya harus selalu berinovasi dan berkreasi untuk menjawab berbagai tantangan ke depan” ucap Iip.

Capacity Building diisi materi Leadership Energy & Motivation Training (IESQ) oleh Ir Asep Sopandi dan penyampaian materi etos kerja oleh Sekda Dian Rachmat Yanuar.- *** wawan jr

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version