KORANMANDALA.COM, dari Tajikistan, menjadi sorotan setelah memimpin pertandingan antara vs Indonesia di kualifikasi grup A Piala Asia U-23 pada Senin, 15 April 2024 malam. 

Keputusannya, termasuk memberikan dua kartu merah kepada pemain Indonesia, mendapat kritik dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, serta ratusan ribu netizen Indonesia di media sosial.

Sosok Nasrullo Kabirov lahir pada 5 Mei 1985 dan terdaftar sebagai wasit FIFA sejak 2013. 

Dia memiliki pengalaman yang cukup luas dalam memimpin pertandingan internasional, termasuk babak kualifikasi Piala Asia AFC U-23, serta berbagai turnamen AFC lainnya seperti Liga Champions AFC, Piala AFC, dan Piala Asia U17. 

Baca Juga : SYT Murka dengan Kinerja Wasit ‘Itu Bukan Pertandingan Bola Tapi Pertunjukan Komedi'

Namanya juga sempat dikenal saat memimpin pertandingan di Asian Games 2018 dan SEA Games 2021.

Meski pernah mendapat pujian saat memimpin laga kualifikasi Piala Asia 2023 antara Indonesia dan Kuwait, Kabirov mendapat banyak kritik setelah pertandingan antara Indonesia dan Qatar di Piala Asia U-23 2024. 

Keputusannya dianggap tidak adil dan berpihak kepada Qatar, yang berujung pada kemenangan Qatar dengan skor 0-2.

Baca Juga : Klasemen Sementara Grup A di Piala Asia 2024 Usai Indonesia Kalah dari Qatar, 2 Kebobolan 2 Kartu Merah

PSSI telah mengajukan protes ke AFC terkait dugaan kecurangan yang dilakukan Kabirov terhadap Timnas Indonesia dalam pertandingan tersebut.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan bahwa PSSI secara resmi akan mengajukan protes kepada AFC terkait kepemimpinan wasit dalam pertandingan antara Indonesia dan Qatar. Beberapa keputusan kontroversial wasit menjadi dasar protes PSSI.

1 2
Sumber: Berbagai Sumber

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version