KORANMANDALA.COM – Es cendol dawet dan Es semangka susu adalah dua menu yang sangat populer untuk menyegarkan ketika cuaca sedang panas.

Es cendol terbuat dari tetesan tepung beras yang hijau, dicampur dengan air gula dan santan.

Es cendol adalah minuman manis yang segar dengan tetesan tepung beras hijau, santan, dan sirup gula aren yang lezat.

Untuk membuat minuman yang menyegarkan ini, Anda akan membutuhkan bahan seperti ; 130 gram tepung beras, 200 ml jus pandan (endapan), atau Anda juga bisa menggunakan pasta pandan sesuai selera, 2 sendok makan sagu, ½ sendok teh garam, dan 800 ml air matang.

Untuk saus santannya, diperlukan 300 ml santan, 2 lembar daun pandan yang diikat simpul, dan sedikit garam.

Secara keseluruhan, Es cendol adalah sajian yang lezat yang terbuat dari bahan-bahan yang dapat memberikan perpaduan rasa dan tekstur yang sempurna untuk kesegaran.

Untuk membuat saus gula merah, siapkan 300 gram gula merah yang telah disisir, 2 lembar daun pandan yang diikat simpul, tambahkan 3 sendok makan gula pasir, dan 500 ml air.

Untuk membuat saus santan, masak semua bahan tersebut sambil terus diaduk agar santannya tidak pecah. Setelah itu, sisihkan saus santan tersebut.

Cara membuat saus gula merah adalah dengan merebus semua bahan hingga gula larut, kemudian saring dan sisihkan sausnya.

Sementara untuk membuat dawet, siapkan wadah berisi air dan es batu, lalu sisihkan. Selanjutnya, campurkan semua bahan dalam panci dan aduk hingga merata, kemudian masak dengan api sedang hingga adonan menjadi kental dan meletup-letup. Setelah itu, angkat adonan dan cetak menggunakan cetakan cendol atau menggunakan piping bag atau plastik yang telah dipotong ujungnya, lalu semprotkan adonan ke dalam wadah berisi es batu. Setelah semua selesai, sajikan Es cendol dawet bersama saus santan, gula merah, dan es batu.

Sementara itu, Es semangka susu adalah menu pelepas dahaga yang mudah disajikan.

Untuk membuatnya, pertama-tama potong buah semangka kecil-kecil, lalu campur dengan bahan lainnya dan aduk rata. Untuk penyajian, sajikan dalam keadaan dingin agar lebih nikmat.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk Es semangka susu mudah didapat, seperti buah semangka, selasih, susu UHT full cream, sirup cocopandan, dan es batu.

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menyajikan menu pelepas dahaga yang lezat ini.

Selamat mencoba ! ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version