KORANMANDALA.COM – Babak pertama, perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat 26 April 2024 dini hari, Timnas U23 unggul 2 – 1 atas Korea Selatan.

Di awal laga, Korea Selatan mencetak gol ke gawang Indonesia pada menit ke-8 setelah terjadi kesalahan di lini pertahanan Indonesia. Bola yang disapu tidak sempurna dan dimanfaatkan oleh Lee dengan tendangan kerasnya yang meluncur menuju gawang Ernando Ari.

Namun, gol tersebut kemudian dibatalkan Video Assistant Referee (VAR). Dalam video tersebut, terlihat bahwa sebelum gol terjadi, pemain Korea Selatan berada dalam posisi offside.

Gol pembuka Indonesia dicetak Rafael Struick pada menit ke-15. Dengan tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti, Rafael berhasil menggetarkan gawang lawan.

Gol ini membuat Indonesia menjadi tim pertama yang berhasil mencetak gol ke gawang Korea Selatan dalam turnamen Piala Asia U23 ini, setelah sebelumnya Korea Selatan berhasil menjaga gawangnya bersih di tiga pertandingan grup.

Reaksi gembira dari seluruh skuad Indonesia menyambut gol Rafael, tetapi pelatih Shin Tae-yong terlihat tenang mengingat lawannya adalah negaranya sendiri, Korea Selatan.

Shin Tae-yong memilih Ernando Ari sebagai penjaga gawang untuk pertandingan ini, sementara dua perubahan dibuat di lini belakang dengan Muhammad Ferrari dan Fathur Rahman tidak dimasukkan dalam starting lineup.

Pratama Arhan, Rio Fahmi, Komang Teguh, Rizky Ridho, dan Justin Hubner bertugas memperkuat lini pertahanan di depan Ernando.

Di lini tengah, Shin Tae-yong menempatkan Nathan Tjoe-A-On dan Ivar Jenner untuk memperkuat permainan timnya, sementara lini serang Indonesia diisi oleh Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, dan Rafael Struick, yang sama seperti laga terakhir melawan Yordania di babak grup.

Hingga pluit akhir babak pertama, skor tak berunbah 2 – 1 untuk kemenangan Indonesia.

Memasuki babak kedua, banyak peluang tercipta. Namun semua tak membuahkan gol.

Menit ke 69, pemain Korea mendapat kartu merah setelah mengganjal keras Justin Hubner. Ini keuntungan untuk tim Garuda Muda.

Tapi sayang, bermain dengan 10 orang, Korea ternyata mampu menyamakan kedudukan menjadi , 2-2.

Skor ini bertahan hingga pluit akhir dibunyikan.

Susunan Pemain Indonesia: 21-Ernando Ari, 10-Justin Hubner, 5-Rizky Ridho, 2-Rio Fahmi, 4-Komang Teguh, 12-Pratama Arhan, 6-Ivar Jenner, 23-Nathan Tjoe-A-On, 7-Marselino Ferdinan, 8-Witan Sulaeman, 11-Rafael Struick

Korea Selatan: 12-Baek Jongbum, 2-Cho Hyun, 3-Hwang Jaewon, 5-Byun Junsoo, 7-Hong Sihoo, 8-Lee Kanghee, 13-Paik Sanghoon, 17-Eom Jisung, 18-Kang Seongjin, 22-Lee Taeseok, 23-Kim Dong-Jin.- ***

 

 

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version