KORANMANDALA.COMHari Kartini, yang diperingati setiap tanggal 21 April, merupakan momen penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Berikut beberapa quotes RA Kartini yang bisa jadi penyemangat hidup.

Tanggal ini ditetapkan sebagai hari nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 108 Tahun 1964 yang ditandatangani pada 2 Mei 1964. 

Hari Kartini bukan sekadar tanggal merah, namun juga merupakan bentuk penghormatan terhadap sosok emansipasi perempuan yang menginspirasi banyak orang, Raden Ajeng (RA) Kartini. 

Kartini dianggap sebagai pahlawan kemerdekaan nasional, terutama dalam perjuangannya untuk kesetaraan gender.

Baca Juga : 20 Kumpulan Ucapan Hari Kartini 2024, Rayakan Perempuan Indonesia

Peringatan Hari Kartini ini tidak hanya sekadar seremoni, namun juga sebagai upaya untuk mewujudkan konsep kesetaraan antara kaum laki-laki dan perempuan dalam semua aspek kehidupan. 

Kartini dikenal dengan pemikiran-pemikiran progresifnya, yang hingga saat ini tetap relevan dan menginspirasi banyak orang.

Berikut beberapa quotes RA Kartini yang bisa Anda maknai : 

  1. Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpi-lah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apa jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.
  2. Gadis yang di pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.

Baca Juga : 25 Ucapan Hari Kartini 2024, Inspirasi untuk Media Sosial dan Caption Terbaru

  1. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi, satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.
  2. Seorang perempuan yang mengorbankan diri untuk orang lain, dengan segala rasa cinta yang ada dalam hatinya, dengan segala bakti, yang dapat diamalkannya, itu-lah perempuan yang patut disebut sebagai ‘ibu’ dalam arti sebenarnya.
  3. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.
  4. Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.
  5. Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.
  6. Saat membicarakan orang lain, Anda boleh saja menambahkan bumbu. Tapi, pastikan bumbu yang baik.
  7. Sampai kapan pun, kemajuan perempuan itu ternyata menjadi faktor penting dalam peradaban bangsa.
  8. Ibu adalah pusat kehidupan rumah tangga. Kepada mereka dibebankan tugas besar mendidik anak-anaknya, pendidikan akan membentuk budi pekertinya.
  9. Karena ada bunga mati, maka banyak-lah buah yang tumbuh, demikian-lah pula dalam hidup manusia, bukan? Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbul-lah angan-angan lain yang lebih sempurna, yang boleh menjadikan buah.
  10. Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.
  11. Adakah yang lebih hina daripada bergantung kepada orang lain?
  12. Habis gelap terbit-lah terang.
  13. Jangan kau katakan ‘saya tidak dapat’, tetapi katakan ‘saya mau’.
  14. Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia.
  15. Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamu-lah yang membiarkannya datang.
1 2
Sumber: Berbagai Sumber

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version