KORANMANDALA.COM – Empat rumah yang tertimpa longsor dengan kondisi tiga terkubur dan satu rusak parah di Dusun Ciceuri, Desa Giriwaringin, Kec. Maleber mendapat bantuan stiluman dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD).

Bantuan tersebut diserahkan oleh Sekda selaku Kepala BPBD Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, didampingi Kepala Pelaksana, Indra Bayu, di lokasi bencana disaksikan Kepala Desa dan warga setempat, Selasa 16 April 2024.

Keempat penerima bantuan yaitu, Kasju, Johardi, Wasiti, dan Pak RT, masing-masing menerima fast respon bantuan stimulan sebesar Rp10 Juta dengan harapan dapat membantu meringankan beban pembangunan rumah.

Diharapkan, ke depan bisa memberikan tambahan stimulan.

“Bangunan rumah tidak memungkinkan kembali di bangun di sini, karena kondisi longsoran dan wilayah setempat sangat rentan. Untuk itu pihak pemerintah desa sudah menyediakan lahan untuk merelokasi,” terang Sekda saat berada di Dusun Ciceuri yang memilki 135 KK.

Sementara itu, Kepala Desa Sobarudin, S.Pd menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terutama pemda Kuningan.

Alhamdulillah, semoga bantuan stimulan ini dapat menjadi semangat kami untuk terus membantu bersama masyarakat.

Seperti diketahui Desa Giriwaringin, kata Sobarudin, memiliki potensi pertanian terutama padi, Kacang Tanah, Kapulaga, dan Pisang.

Kepala Pelaksana BPBD, Indra Bayu, bersama Tim Assessment Pusat Data Operasi (Pusdalops), kejadian bencana longsor di Desa Giriwaringin Kecamatan Maleber, terjadi pada Selasa 5 Maret 2024, pukul 22.00 WIB dimana terjadi Gerakan Tanah.

“Dalam penanganannya, terus dilakukan koordinasi dengan aparat desa dengan kecamatan, TNI, POLRI, Seluruh SKPD dan pihak lainnya,” katanya.

Perlu diketahui, Indra Bayu menyebutkan,

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version