KORANMANDALA.COM –  Sekda Jawa Barat Drs , M.Si, melakukan situasi jelang lebaran untuk memastikan pelaksanaan mudik di wilayah Jawa Barat berjalan aman, nyaman, dan lancar.

Itu termasuk  monitoring di wilayah Kabupaten di dampingi Pj Bupati Iip Hidajat, bersama Sekda Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. Senin 8 April 2024.

Dalam giat Monitoring Sekda Jabar Herman meninjau pelayanan RSUD 45 Kabupaten Kuningan, masuk ke kebeberapa ruangan dan berkomunikasi dengan keluarga pasien.

Dilanjutkan peninjauan ke gedung eks SDN 17 yang saat ini dalam proses pembangunan Puspa Siliwangi, Taman Kota, kemudian meninjau langsung pelaksanaan program Operasi pasar murah bersubsidi di Kelurahn Cigugur.

“Saat ini saya sedang melakukan monitoring pengamanan Lebaran 1445 Hijriah ke Kuningan, dan Majalengka. Fokus kami, diantaranya memantau dan memonitor kondisi perhubungan lalu lintas. Alhamdulillah lancar. Semua ini berkat sinergi semua pihak, pemerintah pusat, Pemprov, Pemda kab/kota. Termasuk sinergitas Pj Bupati Kuningan dan Sekdanya,” terang Sekda Jabar Herman.

Selain itu, memantau juga pelayanan kesehatan, mulai Puskesmas hingga Rumah Sakit dengan layanan 1 x 24 termasuk ambulance siaga.

Semetara itu , saat berada di Kelurahan Cigugur, Herman memantau pelaksanaan Opadi.

“Opadi itu operasi pasar murah bersubsidi. Subsidinya dari Pemerintah Provinsi Jawa barat. Jadi perpaket itu harganya Rp146.700,- tapi kita subsidi sebesar Rp 45.700. Kemudian oleh Pj. bupati disubsidi Rp 1.000,- jadi harga sampai ke masyarakat Rp100.000,-. Per-paket,” kata dia.

Isi paket berupa beras 5 Kg, Gula 2 Kg dan Minyak Goreng 2 Kg. Pemprov Jabar menyiapkan 161.000 paket untuk didistribusikan ke 27 Kabupaten/kota di Jawa barat dan sudah selesai sekarang. Putaran terakhir di Kuningan di Majalengka,” sebutnya.

Menurut Sekda Herman,, Pemerintah Provinsi Jawa barat, sangat konsen terhadap ketahanan pangan, sangat konsen terhadap ketersediaan bahan pokok. Terutama dalam menghadapi hari raya Idul Fitri.

“Kami memastikan semua tersedia stoknya, tersedia harganya terjangkau, komunikasi efektif dan yang tidak kalah penting distribusinya juga lancar. Itulah hakekat dari pengendalian inflasi yang menjadi komitmen kami Pemprov Jabar,” ucapnya.

Pj Bupati Kuningan Iip Hidayat menyampaikan terima kasihnya atas monitoring Sekda Jawa Barat di Kuningan, dari mulai di tugu ikan untuk melihat pengamanan, kesiapan, kesehatan, dan pasar sedikit dilihat, posgatur, dan opadi.

“Alhamdulillah dengan kehadiran beliau memberikan motivasi bagi kami.” kata dia.

Hal senada disampaikan Sekda Dian, kunjungan Sekda Jabar ke Kuningan selama 2 jam banyak menginspirasi, terutama pelayanan kepada masyarakat Kuningan.

Hadir mendampingi monitoring Herman Suryatman tersebut antara lain Kadishub, DPUTR, BPBD, Satpol PP, Diskopdagperin, Dinkes, Dir. RSUD Linggajati, Dir. RSUD 45, dan Disporapar Kuningan. (Wawan Jr/Hendra) ***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version